Sedekahmu adalah Kebaikanmu

Oleh : Kirania Putri Ramadhan

Sedekah adalah suatu kegiatan yang sinonim dengan kata memberi. Sedekah itu menginfaqkan sebagian harta. Memberi makanan orang yang membutuhkan. Bahkan dengan berkata yang baik juga tersenyum itu disebut sedekah.

Dalam aturan Islam ada istilah yang disebut dengan menabung harta di akhirat. Maksud dari kata itu bukan berarti menabung untuk dimasukkan ke kuburan atau bolak-balik mati suri sambil bawa uang terus nabung di akhirat, hadeh ada ada aja…“Terus maksudnya apa dong?”. Maksudnya itu dengan cara kita bersedekah karena Allah kita bisa menabung harta di akhirat alias kita nabung pahala untuk masuk surga.

“Lah terus enak donh udah di dunia mendapat pujian di akhirat masuk surga. Sedekah yang banyak ah…”

Nggak gitu juga kali, Inget ya.. amal itu sesuai niat kalau kamu niat mendapat pujian, kamu pasti dipuji. Tetapi kalau kamu niat dipuji doang…

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُبْطِلُوْا صَدَقٰتِكُمْ بِالْمَنِّ وَالْاَذٰىۙ كَالَّذِيْ يُنْفِقُ مَالَهٗ رِئَاۤءَ النَّاسِ وَلَا يُؤْمِنُ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ

Artinya:  Wahai orang-orang yang beriman, jangan membatalkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan penerima), seperti orang yang menginfakkan hartanya karena riya (pamer) kepada manusia, sedangkan dia tidak beriman kepada Allah dan hari Akhir…  (TQS. Al-Baqorah : 264)

“Ih… serem deh bacanya nya”. Wah berarti nanti jadinya dosa dong?. Ya jelaslah dosa kan pamer itu bisa termasuk sombong. Jadi sombong itu merupakan amal buruk kan. Maka dari itu niatkan lillahi ta’ala karena karena…

Perumpamaan orang-orang yang menginfakkan harta mereka untuk mencari rida Allah dan memperteguh jiwa mereka adalah seperti sebuah kebun di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, lalu ia (kebun itu) menghasilkan buah-buahan dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, hujan gerimis (pun memadai). Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. (TQS. Al-Baqarah : 265)

“Kalau kita nggak punya uang gimana sedekahnya?”

Hei, tenang jangan khawatir Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam pernah bersabda loh sesungguhnya sekedar memberikan senyuman yang enak di lihat itu termasuk suatu sedekah. Gimana… Allah baikan udah ngasih keringanan hambanya untuk masuk surga, senyum aja udah dapat pahala apalagi kegiatan lainnya.

“Kak Aku kan pernah dengar hadits katanya akan lebih baik kita sedekah bahkan tangan kiri kita itu nggak tahu. itu maksudnya apa sih?”.  Wah itu, maksudnya kita sedekah tanpa ada satu orang pun yang tahu, makanya di sebut sampai-sampai tangan kiri juga tidak tahu.

اِنْ تُبْدُوا الصَّدَقٰتِ فَنِعِمَّا هِيَۚ وَاِنْ تُخْفُوْهَا وَتُؤْتُوْهَا الْفُقَرَاۤءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۗ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِّنْ سَيِّاٰتِكُمْ ۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Artinya : Jika kamu menampakkan sedekahmu, itu baik. (Akan tetapi,) jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, itu lebih baik bagimu. Allah akan menghapus sebagian kesalahanmu. Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan. (TQS. Al-Baqarah : 271)

Boleh nggak sih sedekahin baju?

Bolehlah… tapi baju yang akan kita sedekahkan adalah baju yang masih layak pakai, buka baju yang bolong-bolong dan tidak layak pakai. Sesungguhnya jika sedekah suatu barang yang terbaik maka akan mendapat yang terbaik pula. Dan ingat nih maksud menampakan sedekah itu untuk dicontoh orang lain bukan untuk riya.

Nah dari sekedar sedekah aja kita dapat pahala banyak apalagi kegiatan baik lainnya yuk kejar ridho Allah dan kerjakan kebaikan meski sedikit. Jika niat karena Allah pahalanya InsyaAllah bisa berlipat-lipat loh!.

Sedekahmu adalah Kebaikanmu
Tag pada:    

2 gagasan untuk “Sedekahmu adalah Kebaikanmu

  • Oktober 15, 2021 pukul 14:00
    Permalink

    Maa syaa Allah.. barakallahu.. terus berkarya mencerdaskan umat ya.. semangat..

    Balas
  • Oktober 15, 2021 pukul 12:05
    Permalink

    Mantab

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *