BidadariKU
By Ummu Aisyah

Hadis tentang Keutamaan Memiliki Anak Perempuan

Bunda, sangat beruntung, sebab ada beberapa hadis yang membahas tentang membesarkan anak perempuan itu indah dan menakjubkan. Salah satunya hadis Nabi Muhammad saw.

Dalam hadis tersebut diuraikan betapa anak-anak perempuan itu datang dengan pahala dan berkah yang besar bagi orang tuanya. Jika Bunda merawat dan mengasuh si kecil dengan penuh cinta, kasih sayang, dukungan, serta pendidikan yang layak untuk sang putri, maka surga akan menanti Bunda.

Selain itu, dalam hadis tersebut juga dijelaskan bahwa pada saat bayi perempuan dianggap sebagai sumber aib, bahkan dikubur hidup-hidup, Nabi Muhammad saw. datang untuk meluruskan kesalahan besar tersebut.

Lebih lanjutnya, berikut ada beberapa hal yang akan diperoleh orang tua apabila dapat mengasuh serta mendidik anak perempuannya dengan benar.

Baca Juga :

1. Jalan Masuk Surga

Diriwayatkan Abdullah bin Abbas, Nabi Muhammad saw. bersabda: “Siapa yang memiliki anak perempuan, dia tidak membunuhnya dengan dikubur hidup-hidup, tidak menghinanya, dan tidak lebih mengutamakan anak laki-laki, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga,” (HR. Abu Daud).

Kemudian, Jabir ibn Abdullah melaporkan bahwa Nabi Muhammad saw. kembali bersabda: “Siapa pun yang memiliki tiga anak perempuan dan dia mengakomodasi mereka, menunjukkan belas kasihan kepada mereka, dan mendukung mereka, surga pasti dijamin untuknya.”

Karena itu, ada seseorang yang bertanya kepada Nabi Muhammad saw. bagaimana bila ia hanya memiliki dua anak perempuan? Rasulullah pun menjawab, “(Dia mendapatkan pahala itu), meskipun mereka (hanya) punya dua anak perempuan.”

Beberapa dari mereka pun percaya bahwa seandainya Nabi Muhammad saw. kembali ditanya tentang bagaimana bila hanya memiliki satu anak perempuan, dia akan menjawab bahwa pahala itu juga akan berlaku untuk orang tuanya.

2. Pelindung dari Api Neraka

Aisyah ra, melaporkan, seorang wanita mendatangi dirinya bersama dengan dua orang putrinya. Ia pun meminta sedekah tetapi Aisyah tak menemukan apa pun bersamaku kecuali satu buah kurma, jadi aku memberikannya.

Wanita tersebut akhirnya menerimanya dan kemudian membaginya kepada dua putrinya itu dan wanita tersebut tak memakan apa pun. Setelah itu, mereka pun pergi.

Rasulullah saw. pun berkata: “Siapa yang diuji dengan kehadiran anak perempuan, maka anak itu akan menjadi pelindung baginya di neraka.” (HR. Ahmad)

3. Pelindung di Hari Kiamat

Diriwayatkan dari Uqmah ibn Aamir, Rasulullah saw. juga pernah bersabda: “Siapa pun yang memiliki tiga anak perempuan dan sabar terhadap mereka, dan memberi mereka makan, memberi mereka minum, dan pakaian dari hasil usahanya, maka mereka akan menjadi pelindungnya di hari kiamat.” (HR. Ibnu Majah)

“Sedekah itu menghapus dosa seperti air memadamkan api”
Yuk bantu para penghafal Quran dengan sedekah terbaik mu
Klik Disini

4. Dekat dengan Rasulullah saw.

Anas ra, melaporkan bahwa Nabi Muhammad saw. bersabda, “Siapa pun yang menanggung nafkah dua anak perempuan sampai baligh (mencapai kedewasaan), maka pada hari kiamat antara saya dan dia seperti ini (beliau menggabungkan jari-jarinya.” (HR. Muslim).

Bunda, itulah beberapa hadis yang membahas tentang keutamaan memiliki anak perempuan.

#cantinyabidadariayahbubunda
#santriKU
#Salihah
#penjagaal-qur’an
#qurrotaa’yun
#bidadaraKUmenyusul

Cari Tau Sekolah Tahfizh Terbaik di sekitarmu dengan klik disini

BidadariKU – Keutamaan Memiliki Anak Perempuan
Tag pada:        

Satu gagasan untuk “BidadariKU – Keutamaan Memiliki Anak Perempuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *